Banyak Blogger Yang Frustasi Karena 10 Hal Ini

0
271

Senang sekali rasanya melihat perkembangan dunia blogging khususnya di Indonesia pada saat sekarang ini, banyak blogger baru yang bermunculan untuk menjadi blogger yang sukses. Mereka sangat semangat untuk mengelola blognya dan mencari berbagai sumber informasi mengenai tips dan trik untuk memulai sebuah blog, seperti cara mendapatkan visitor yang banyak, memperoleh sitelink dari google, atau tips supaya artikel menjadi peringkat satu di pencarian google.

Namun kenyataan yang terjadi di lapangan berbeda, kebanyakan dari mereka hanya sebagian saja yang tahan banting dan terus-menerus menekuni aktifitas blog mereka. Sisanya hanya menambah daftar catatan blogger yang gagal dan berhenti di tengah jalan.

Mana semangat yang dulunya berapi-api dan ingin menghasilkan banyak uang dari sebuah blog? Apakah mereka sangat sibuk dengan kehidupan sehari-hari sehingga tidak punya banyak waktu luang? atau mereka sudah menyerah untuk menjadi blogger yang sukses?

Setelah lama berfikir, akhirnya saya bertanya dalam hati :

Kenapa banyak sekali blogger yang berhenti di tengah jalan?

Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut, saya berpikir cukup lama dan meminum segelas kopi dan akhirnya mengambil kesimpulan berikut :

1. Kurang Kreatif Dalam Menulis

Pixabay

Pada dasarnya dunia blogging dilakukan oleh orang-orang yang hobi menulis. Tapi untuk beberapa alasan yang belum saya ketahui, banyak orang yang kurang kreatif dalam menulis ikut terjun membuat blog. Mereka hanya bermodalkan nekat dan hanya berharap mendapatkan banyak pengunjung yag datang ke blog mereka.

Maka dari itu, sebelum terjun ke dunia blogging saya sarankan untuk belajar membuat artikel yang baik dan mudah dipahami. Tidak harus sebagus seorang wartawan, yang paling penting adalah mudah dipahami oleh banyak orang. Itu sudah lebih dari cukup untuk membuat orang tertarik untuk mengunjungi blog kalian.

2. Terlalu Mengandalkan Blog Walking

Pixabay

Banyak sekali fenomena yang cukup mengerikan mengenai hal ini. Banyak blogger yang melakukan blogwalking supaya blog mereka mendapat banyak pengunjung dan mendapatkan banyak komentar sehingga terlihat ramai. Saya tidak menyalahkan blogwalking, hanya saja lakukan dengan cara yang benar dengan tidak memberikan spam komentar kepada blog yang sudah populer. Dan yang harus kalian pahami, hal ini hanya membuat waktu anda terbuang dan menurut saya kurang efektif.

Pertanyaannya adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung apakah kita harus terus-terusan melakukan blogwalking? sampai kapan? sehari berapa kali? Beberapa waktu lalu, saya pernah menemui blogger yang memiliki traffik yang sangat banyak dan selalu mendapat banyak komentar dengan blogwalking. Mungkin ia sudah lelah dalam melakukan blogwalking, dan pengunjungnya pun menurun drastis.

Baca Juga : 5 Jaringan Publisher Iklan Terbaik Untuk Monetisasi Blog

Akhirnya dia sadar bahwa orang tidak mau berkomentar di blog miliknya jika ia tidak berkomentar di blog mereka dengan kata lain mutualisme. Di dunia ini memang tidak ada yang benar-benar gratis. Akhirnya dia pun memutuskan untuk berhenti meneruskan blognya.

Sekali lagi saya tekankan, tidak berarti bahwa blogwalking itu adalah cara yang salah. Tapi tidak seharusnya kalian hanya mengandalkan blogwalking sebagai sumber traffic, tapi perbaiki kualitas konten dan jangan hanya mengisi blog dengan curahan hati saja, lebih baik tulis di kertas. Cobalah belajar menulis dengan menggunakan keyword  apa yang banyak dicari oleh orang sehingga ketika kalian sibuk dengan aktifitas kalian, blog kalian tetap ada pengunjung yang datang.

3. Uang Adalah Tujuan Utama Blog

Pixabay

Banyak sekali blogger yang sangat terobsesi dengan uang. Okay, ini wajar karena semua orang memang butuh uang atau memang akan digunakan untuk biaya perpanjang domain dan hosting. Tapi menurut pandangan saya mereka itu tidak memiliki pikiran yang logis. Mereka sangat berharap mendapatkan jutaan rupiah perbulan dari Blog.

Dan yang lebih lucu, mereka selalu membaca kisah sukses seorang blogger yang sukses dengan mendapatkan jutaan bahkan ratusan juta perbulannya hanya dengan memulai sebuah blog, okay kalian tidak salah dengan ini, mungkin kalian hanya ingin mengetahui kisah sukses blogger dan ingin meniru kisah mereka.

Dan pada ketika mereka mencoba menerapkan apa yang sudah mereka baca, mereka mulai bimbang. Kemudian beberapa bulan mereka sadar bahwa menghasilkan uang dari blog tidak semudah yang dibicarakan orang. Sayangnya, mereka sudah terlalu frustasi untuk mencoba lagi dan memilih untuk menyerah, dan akhirnya menjadi blogger yang gagal.

4. Sangat Terobsesi Dengan SEO

Pixabay

Ada anggapan jika blog mereka selalu muncul dihalaman pertama google, blog mereka akan selalu banjir pengunjung sehingga mereka terlalu over untuk melakukan teknik SEO. Bagi saya pribadi, SEO itu hanyalah permainan untuk blogger tingkat lanjutan. Blogger pemula seperti saya ini sebaiknya fokus untuk meningkatkan kualitas konten daripada harus memikirkan SEO.

Belajar SEO dan menerapkannya secukupnya saja, dan jangan terlalu difikir jika blog atau artikel kalian tidak muncul dihalaman pertama google. Masih ada cara yang lain untuk mendapatkan pengunjung selain menerapkan SEO.

Jangan Membuang Waktu Untuk Mempelajari Teknik SEO, Karena Tugas Blogger Pemula Hanyalah Menulis.

Lebih baik kalian konsisten dalam membuat konten yang baik dan berkualitas untuk meningkatkan pengunjung blog kalian. Artikel yang berkualitas dan berbobot akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kalian.

5. Tidak Mempunyai Minat Terhadap Apa Yang Ditulis

Pixabay

Jika kalian tidak memiliki minat terhadap apa yang kalian tulis, maka tulisan kalian akan terlihat membosankan dan tidak berbobot. Kebanyakan Blogger yang sukses hanya menulis apa yang menjadi minatnya, sehingga ketika ada orang yang membaca tulisannya akan meninggalkan kesan tersendiri bagi mereka.

Untuk blogger yang baru memulai, sebaiknya jangan ikuti tutorial-tutorial tingkat tinggi yang kalian temukan di internet. Belum saatnya, cukup fokus untuk membuat artikel tentang apa yang kalian sukai dan bermanfaat saja bagi pembaca.

6. Cara Promosi Yang Salah

Pixabay

Promosi yang salah itu seperti apa ya? Okay, mungkin seperti meninggalkan link aktif saat melakukan blog walking, melakukan spam di Facebook, Email marketing yang kurang benar, dan yang lainnya. Banyak cara kreatif untuk mempromosikan blog kita, tidak perlu agresif karena menurut saya ini kurang tepat.

Menurut saya cara terbaik untuk melakukan promosi adalah dengan melakukan blogwalking. Dengan catatan kalian harus benar-benar memberikan komentar yang berkualitas sehingga membuat orang lain ingin mengunjungi blog kalian. Silahkan kalian lakukan eksperimen, temukan sendiri cara terbaik untuk mempromosikan blog kalian.

7. Management Waktu Yang Kurang Tepat

Pixabay

Blogging adalah aktifitas yang menguras banyak waktu, kalian butuh waktu untuk mencari referensi, menulisnya, dan melakukan pengeditan. Belum lagi harus melakukan blogwalking dan harus membaca artikel blogger lain sehingga bisa memberikan komentar yang benar-benar berkualitas.

Belum selesai sampai disitu, kalian juga harus melakukan promosi di sosial media, forum, dan yang lainnya. Semua itu membutuhka banyak waktu, maka dari itu sebaiknya kalian bisa mengatur waktu secara bijak dalam melakukan semua aktifitas tersebut. Jangan sampai aktifitas blogging kalian menggangu kehidupan nyata kalian.

8. Konsistensi

Pixabay

Sembilan dari sepuluh blogger yang saya temui gagal dalam poin ini. Saya juga kurang tahu kenapa mereka kurang konsisten dalam menerbitkan artikel. Penyebab utama yang sangat umum adalah Mempunyai hobi baru yang lebih menarik, Kurang semangat dalam menulis, kehabisan ide, Kurang Motivasi, dan kebanyakan berfikir tanpa melakukan apa-apa.

Kurang konsisten adalah masalah besar dalam membangun sebuah blog, mau sukses tapi tidak mau bekerja keras. Semua memang butuh proses bro.

9. Tidak Belajar Hal Baru Dalam Blogging

Pixabay

Apakah kalian berfikir bahwa teori itu tidak penting? Jika anda ngeblog tanpa mengerti sedikitpun tentang blogging, maka jelas ini adalah masalah yang cukup besar dan bisa dipastikan untuk kedepannya kalian akan melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu.

Denga membaca referensi blogging, anda akan menemukan gambaran yang jelas tentang bagaimana cara blogging yang baik dan kalian akan terhindar dari hal yang seharusnya tidak perlu. Kalian tidak perlu melakukan semuanya dari apa yang sudah kalian baca, pilihlah mana yang paling mudah dan mungkin untuk diterapkan.

10. Kehilangan Motivasi

Pixabay

Ini yang paling fatal, mana semangat kalian yang dulunya ingin menghasilan ratusan dollar bahkan ribuan dari blog perbulannya? apakah kalian sudah lelah dengan usaha kalian? Jenuh dengan aktifitas blogging kalian? atau kalian ingin menyerah karena blog kalian selalu sepi pengunjung?

Memulai blog itu bukan hanya soal uang, buatlah sesuatu yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Uang akan mengikuti jika kalian selalu termotivasi dan konsisten dalam melakukan aktfitas blogging.

Kesimpulan :

Saya melihat blogger yang sukses di indonesia sangat sedikit. Jika saya dan kalian mau terus belajar dan terhindar dari beberapa hal diatas, makan saya yakin kita akan sukses menjadi blogger di lain hari. 😀

Tulisan diatas saya rasa sangat sensitif dan saya harap tidak dimasukan ke hati. Silahkan ambil baiknya saja. Saya minta maaf jika ada kata yang salah dan ada yang tidak setuju dengan pendapat saya di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here