5 Jaringan Publisher Iklan Terbaik Untuk Monetisasi Blog

Apakah kalian ingin menghasilkan uang dengan blog? Menjadi publisher dari sebuah jaringan iklan adalah jawaban yang tepat. Jaringan iklan adalah cara pasif dan sempurna untuk melakukan itu. Berikut adalah lima rekomendasi jaringan iklan terbaik untuk kalian para blogger, berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai blogger selama hampir lima tahun, dan juga berdasarkan beberapa penelitian. Menjadi publisher iklan adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif sebagai blogger.

Berapa Banyak Yang Bisa Kalian Dapatkan Dari Menjadi Publisher Iklan?

Well, semua tergantung pada seberapa banyak traffic atau pengunjung yang datang ke blog kalian. Sebuah blog dengan jutaan tampilan per halaman dalam satu bulan bisa menghasilkan ribuan atau bahkan puluhan ribu dollar dengan jaringan iklan. Namu perlu dicatat juga bahwa beberapa jaringan iklan mungkin berkinerja lebih baik daripada yang lain. Kalian hanya perlu melakukan eksperimen secara langsung dan melihat mana yang terbaik untuk blog kalian.

Lebih tepatnya, Bagaimana Sebuah Jaringan Iklan Bisa Menghasilkan Uang?

Kebanyakan dari jaringan iklan adalah Pay Per Click atau Cost Per Thousand. Pay Per Click atau PPC berarti kalian akan mendapatkan sedikit uang setiap kali pembaca mengklik iklan kalian. Biaya Per Ribu atau BPS berarti kalian mendapatkan sejumlah uang per seribu penayangan yang diterima iklan.

Jika kalian baru mengenal dunia blogging, kalian harus tahu bahwa sebuah jaringan iklan bisa diakali dengan mengklik iklan sendiri untuk mendapatkan uang, atau meminta teman dan keluarga untuk mengekliknya untuk kalian. Mungkin ada beberapa yang lolos dengan cara ini, tetapi sangat tidak direkomendasikan. Jaringan iklan memiliki cara untuk mengetahui kapan hal ini terjadi dan mereka tidak akan ragu untuk menutup akun kalian, tidak peduli sudah seberapa banyak pendapatan yang telah kalian dapatkan sebelumnya. Jadi jangan mempersulit diri sendiri, just let it flow, hasil tidak akan mengkhianati proses.

 

Mana Jaringan Iklan Yang Cocok Untuk Memonetisasi Blog?

Ada ratusan jaringan iklan yang bisa kalian pilih. Saya telah membuat 5 daftar jaringan iklan yang menurut saya terbaik bahkan paling baik yang pernah saya gunakan.

Ingat, kalian harus benar benar memikirkan iklan mana yang paling cocok digunakan untuk blog kalian. Jelas kalian tidak ingin menggunakan banyak iklan sehingga menutupi seluruh blog kalian dan tidak ada yang bisa membaca konten kalian, memang bagus untuk bereksperimen, dan tidak ada salahnya memasang beberapa iklan dari Jaringan yang berbeda di blog kalian untuk membedakan beragam pendapatan kalian. Semuanya adalah pilihan kalian.

 

Berikut Adalah Lima Jaringan Iklan Terbaik Untuk Monetisasi Blog

 

1. Google Adsense

Google Adsense adalah jaringan yang paling terkenal, dan sebagian besar blogger setuju bahwa iklan dari google adsense adalah yang terbaik. Kalian dapat memilih dari berbagai jenis ukuran, teks, atau iklan bergambar, dan Anda dapat menyesuaikan sendiri warna, font, dll. Google Adsense membayar sekali dalam sebulan jika kalian sudah mendapatkan setidaknya $100.

Saya punya pengalaman pribadi dengan Adsense. Saya pernah menggunakan di beberapa blog dalam setahun lebih. Satu-satunya hal yang menurut saya benar-benar kurang adalah bahwa dukungan mereka tidak bersifat pribadi atau kita tidak bisa menghubungi mereka jika terdapat suatu masalah dalam penayangan iklan. Terkadang sulit untuk mendapatkan bantuan langsung dari pihak google.

2. Media.net

Media.net adalah jaringan iklan yang didukung oleh Yahoo! dan Bing. Iklan mereka terlihat berbeda karena mereka hanya blok kata kunci berwarna kecil atau bahasa kerennya contextual ads. Iklan dari Media.net  menyesuaikan kata kunci atau keyword dari situs kalian.  Mereka akan sering menggunakan skema warna yang sama. Iklan ini melengkapi iklan Adsense dengan sangat baik karena tampilannya sangat berbeda dari mereka.

Media.net membayar bulanan dengan Paypal, tapi seperti Adsense kalian harus sudah memenuhi minimum $ 100 dalam waktu satu bulan untuk melakukan penarikan pembayaran. Satu lagi, media.net hanya menerima blog yag menggunakan bahasa inggris, dan ini syarat mutlak. Jadi jika kalian mempunyai sebuah blog menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya urungkan niat kalian untuk mendaftar menjadi publisher media.net

3. Infolinks

Infolinks adalah penyedia Intext advertising yang berdiri pada tahun 2007, yang memungkinkan pemilik Konten Web atau yang biasa disebut publisher untuk mendapatkan manfaat dari Intext advertising dalam bentuk pendapatan iklan tanpa resiko. Infolinks memberikan pembagian hasil yang sangat kompetitif kepada publisher  seperti halnya yang dilakukan oleh Google Adsense, Media.net dan situs jaringan iklan yang lain. Infolinks masuk kedalam jenis jaringan iklan Text Pay per Click yang menargetkan iklan teks berupa sebuah link yang sesuai dengan keyword dalam sebuah artikel.

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog secara pasif dengan program CPM atau penayangan yang dibayar per seribu tampilan, Infolinks bukanlah ide yang bagus. Tapi Infolinks tetap menjadi alternatif yang bagus, rasio klik iklan Infolinks jauh lebih besar daripada Google Adsense, ini dikarenakan iklan yang muncul berbaur dengan postingan atau artikel. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan Paypal dan Western Union jika pendapatan sudah mencapai $50.

4. PropellerAds

Iklan banner PropellerAds menyediakan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan. Jika penempatan iklan tepat dan strategis, kalian bisa mendapatkan $1-2/seribu tampilan untuk pengunjung US  dan UK. Mereka memiliki 3.000 kampanye aktif di seluruh dunia dan melakukan pemeriksaan manual untuk menghapus semua pengiklan yang sudah tidak aktif. Publisher akan mendapatkan keuntungan dari inventaris yang dimonetisasi 100%, pembayaran tepat waktu, pengelolaan akun secara pribadi, dan pelaporan secara real time yang sangat terperinci.

Saran saya, jika kalian mempunyai blog dengan trafik yang kurang mumpuni sebaiknya tidak memasang iklan propellerads ini, selain itu metode pembayaran dari jaringan iklan ini tidak mendukung Paypal, tapi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan Payoneer dengan minimum payout $100 dan Wire transfer dengan minimum $500.

5. Adsterra

Adsterra adalah salah satu jaringan iklan tumbuh sangat cepat dan saat ini melayani lebih 10 miliar tayangan iklan yang ditargetkan setiap bulan. Mereka mendukung penerbit dan menjamin 100% monetisasi inventaris iklan bagi publisher. Adsterra menawarkan berbagai macam format iklan untuk semua ukuran yang populer baik untuk dekstop dan maupub seluler, antara lain Pushup, interstitial, iklan banner, pop under, slider, dan direct link.

Semua kampanye diuji setiap jam menggunkan software verifikasi otomatis yang dirancang oleh Geo Edge, untuk memastikan mana kualitas iklan terbaik untuk di tayangkan oleh publisher. Publisher bisa melakukan pembayaran tepat waktu yang bisa di lakukan dalam dua minggu sekali, dengan sistem pembayaran yang sudah di tentukan, serta account manager pribadi dan laporan statistik secara real time.

Itulah rekomendasi iklan yang bisa kalian gunakan untuk memonetisasi blog kalian, semoga bermanfaat !

About the Author: Danny Setyawan

Freelance Writer, Blogger, & Coffee Lover.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *